Wellcome to my_blog


^_^ IRFAN NUR AKBAR & MARTIANA RAHADHI PUTRI ^_^

Kamis, 18 Oktober 2012

TATA CARA DAN ETIKA DALAM MENULIS DI BLOG (Tugas Organisasi & Arsitektur Komp. #)


TATA CARA DAN ETIKA DALAM MENULIS DI BLOG

Etika adalah suatu keharusan dari tiap-tiap manusia untuk memahami suatu aspek atau aturan yang ada pada setiap tempat. Etika atau sopan santun diharuskan dimiliki oleh setiap individu makhluk sosial atau manusia. Bila pengetahuan etika tidak dimiliki oleh setiap insan maka, akan berpengaruh buruk pada moral nantinya. Etika bukan saja harus di pelajari pada kenyataan atau dunia nyata, melainkan pada dunia maya atau internet etika pun harus ada dan perlu diterapkan. Etika menulis di internet adalah suatu ke sopanan menulis yang meliputi ketentuan-ketentuan tertentu yang mengharuskan si penulis memenuhi syarat-syarat tertentu dalam menulis di internet. Kita tidak bisa seenaknya saja dalam melakukan penulisan, jika kita masih mencari sumber tulisan kita melalui media internet. Tentunya kita wajib mencantumkan sumber dari mana kita dapatkan teori untuk tulisan yang kita buat. Untuk menghindari hal-hal yang di katakan plagiarisme dalam suatu hasil karya tulisan ataupun karya-karya yang lainnya.
Etika dalam menulis di dunia maya tergolong pada 3 bagian menurut Prof. DR. Nina W. Syam, M.S , diantaranya adalah :
1.      Etika Deskriptif
Cara melukiskan tingkah laku moral dalam arti luas. Ia bersifat netral dan hanya memaparkan moralitas yang terdapat pada individu, kebudayaan, atau subkultur tertentu.
2. Etika Normatif
Mendasarkan pada norma, mempersoalkan apakah norma bisa diterima seseorang/masyarakat secara kritis, menyangkut apakah sesuatu itu benar/tidak. Terbagi 2, yaitu Umum dan Khusus.
Umum: menekankan pada tema-tema umum seperti mengapa norma mengikat? Bagaimana hubungannya antara tanggung jawab dan kebebasan? Dll.
Khusus: upaya untuk menerapkan prinsip-prinsip etika umum ke dalam perilaku manusia.

3. Metaetika
Menganalisis logika perbuatan dalam kaitannya dengan 'baik' atau 'buruk'.
Tata cara untuk menulis di dunia maya, meliputi banyak hal yang harus diperhitungkan agar etika dalam menulis yang dimaksud dapat terpenuhi. Adapun tata cara tersebut meliputi :
1.      Mencantumkan sumber dari mana kita dapatkan teori yang menunjang pada tulisan yang dibuat
2.      Meminta izin
3.      Menulis tulisan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
4.      Tidak memposting tulisan atau hal-hal yang bersifat pornografi, menghina, mencemarkan nama baik dsb
Adapun tata cara dan etika dalam menulis di dunia maya tidak hanya meliputi pada uraian diatas, namun perlunya kesadaran yang tinggi dari tiap-tiap penulis agar memahami pentingnya arti karya yang alami dari masing-masing pembuat karya. Untuk menghindari penjiplakan karya apapun yang telah dibuat dengan usaha dan kemampuan sendiri.
Sekian……selamat menulis……….

Sumber:
http://localhost/H:/ETIKA%20PENULISAN%20DI%20INTERNET%20%20%20Warta%20Warga.htm (Site Gunadarma ETIKA PENULISAN DI INTERNET March 25th, 2012)
http://localhost/H:/membudayakan-etika-dalam-menulis-blog.htm (Susetyo Dwi Prihadi - Okezone Minggu, 26 Juni 2011  10:16 wib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar