Wellcome to my_blog


^_^ IRFAN NUR AKBAR & MARTIANA RAHADHI PUTRI ^_^

Selasa, 05 Oktober 2010

PHASA MODULASI

PHASA MODULASI

Frekuensi modulasi frekuensi osilator membutuhkan menyimpang baik di atas dan di bawah frekuensi pembawa. Selama proses modulasi frekuensi, puncak setiap siklus berturut-turut dalam bentuk gelombang termodulasi terjadi pada waktu lain selain mereka akan jika operator itu unmodulated. Ini sebenarnya adalah pergeseran fasa insidental yang terjadi seiring dengan perubahan frekuensi di fm. Hanya tindakan yang sebaliknya terjadi di modulasi fase. Sinyal af diterapkan pada FASE MODULATOR di pm. Gelombang yang dihasilkan dari modulator fase pergeseran dalam tahap, seperti digambarkan pada Gambar 2-17. Perhatikan bahwa periode waktu setiap siklus berturut-turut bervariasi dalam gelombang termodulasi menurut variasi audio-gelombang. Karena frekuensi merupakan fungsi dari jangka waktu per siklus, kita dapat melihat bahwa seperti pergeseran fasa di carrier akan menyebabkan frekuensi untuk berubah. Perubahan frekuensi fm sangat penting, tetapi dalam pm itu hanya insidental. Jumlah perubahan frekuensi tidak ada hubungannya dengan bentuk gelombang resultan dimodulasi WIB. Pada titik ini perbandingan fm untuk pm mungkin tampak sedikit kabur, tetapi akan jelas sebagai kita maju.

Mari kita meninjau beberapa hubungan fase tegangan. Lihatlah angka 2-18 dan membandingkan tiga tegangan (A, B, dan C). Sejak tegangan Sebuah dimulai siklus dan mencapai puncaknya sebelum B tegangan, dikatakan untuk memimpin tegangan B. Tegangan C, di sisi lain, tertinggal B tegangan sebesar 30 derajat. Pada fase modulasi fase dari carrier disebabkan menggeser sebesar af sinyal modulasi. Pada gambar 2-19, perhatikan bahwa pembawa unmodulated memiliki fase konstan, amplitudo, dan frekuensi. Bentuk gelombang bertitik merupakan pembawa dimodulasi. Perhatikan bahwa fase pada puncak kedua memimpin tahap pembawa unmodulated. Di ketiga puncak menggeser bahkan lebih besar, namun di-puncak keempat, puncak mulai menyetel kembali fase satu sama lain. Hubungan ini merupakan efek dari 1 / 2 siklus sinyal modulasi af. Pada alternasi negatif dari intelijen af, fase dari carrier akan lag dan puncak akan terjadi pada waktu paling lambat mereka akan ke wadah unmodulated.


Presentasi dari dua gelombang bersama tidak berarti bahwa kita mengirimkan gelombang termodulasi bersama-sama dengan pembawa unmodulated. Kedua bentuk gelombang diambil bersama-sama hanya untuk menunjukkan bagaimana suatu gelombang termodulasi tampak bila dibandingkan dengan gelombang unmodulated.
Sekarang bahwa Anda telah melihat pergeseran fase dan frekuensi di kedua fm dan am, mari kita mencari tahu persis bagaimana mereka berbeda. Pertama, hanya pergeseran fasa adalah penting dalam WIB. Hal ini sebanding dengan af modulasi sinyal. Untuk memvisualisasikan hubungan ini, lihat bentuk gelombang yang ditunjukkan pada Gambar 2-20. Studi komposisi gelombang fm dan pm hati-hati karena mereka termodulasi dengan bentuk gelombang modulasi. Perhatikan bahwa dalam fm, frekuensi pembawa menyimpang ketika gelombang modulasi perubahan polaritas. Dengan setiap pergantian dari gelombang modulasi, pembawa uang muka atau menghambat frekuensi dan tetap pada frekuensi baru selama siklus itu. Dalam pm Anda dapat melihat bahwa antara satu alternasi dan berikutnya, fase pembawa harus berubah, dan perubahan frekuensi yang terjadi melakukannya hanya selama masa transisi; frekuensi kemudian kembali ke tingkat normal. Catatan dalam gelombang pm bahwa pergeseran frekuensi terjadi hanya jika gelombang modulasi berubah polaritas. Frekuensi selama bagian amplitudo konstan setiap alternasi adalah REST FREKUENSI.


Hubungan ini, di pm, dari af modulasi dengan perubahan pergeseran fasa mudah untuk melihat setelah Anda memahami prinsip-prinsip AM dan fm. Sekali lagi, kita dapat membangun dua aturan yang jelas dari modulasi fase:
JUMLAH SHIFT FASE sebanding dengan AMPLITUDO DARI sinyal modulasi.
(Jika sinyal 10-volt menyebabkan pergeseran fase 20 derajat, maka sinyal 20-volt menyebabkan pergeseran fasa 40 derajat.)
TINGKAT SHIFT FASE sebanding dengan FREKUENSI sinyal modulasi.
(Jika pembawa itu dimodulasi dengan nada 1-kilohertz, carrier akan maju dan menghambat pada fase 1.000 kali setiap detik.)
modulasi Tahap juga mirip dengan modulasi frekuensi dalam jumlah sidebands yang ada dalam gelombang termodulasi dan jarak antara sidebands. modulasi Tahap juga akan menghasilkan jumlah tak terbatas frekuensi sideband. Jarak antara sidebands akan sama dengan frekuensi dari sinyal modulasi. Namun, satu faktor yang sangat berbeda dalam modulasi fase, yaitu distribusi kekuasaan di sidebands pm tidak mirip dengan yang di sidebands fm, sebagaimana akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.
Modulation Index
Ingat bahwa indeks modulasi frekuensi modulasi digunakan untuk menghitung jumlah sidebands signifikan yang ada dalam bentuk gelombang. Semakin tinggi indeks modulasi, semakin besar jumlah pasangan sideband. Indeks modulasi adalah perbandingan antara jumlah penyimpangan osilator dan frekuensi sinyal modulasi:

Dalam modulasi frekuensi, kita melihat bahwa sebagai frekuensi dari sinyal modulasi meningkat (asumsi deviasi tetap konstan) jumlah pasangan sideband signifikan menurun. Ini ditampilkan dalam tampilan (A) dan (B) dari angka 2-21. Perhatikan bahwa meskipun jumlah sidebands signifikan berkurang dengan sinyal-modulasi frekuensi yang lebih tinggi, yang sidebands menyebar relatif terhadap satu sama lain; meningkat total bandwidth.


Dalam modulasi fasa osilator tidak menyimpang, dan kekuasaan di sidebands adalah fungsi dari amplitudo dari sinyal modulasi. Oleh karena itu, dua sinyal, satu di 5 kilohertz dan yang lainnya di 10 kilohertz, digunakan untuk memodulasi carrier akan memiliki distribusi daya yang sama pitasisi. Namun, sidebands 10-kilohertz akan jauh terpisah, seperti yang ditunjukkan dalam pandangan (C) dan (D) dari angka 2-21. Bila dibandingkan dengan fm, bandwidth dari sinyal pm ditransmisikan sangat meningkat frekuensi dari sinyal modulasi meningkat.

Seperti yang kita tunjukkan sebelumnya, modulasi fasa tidak dapat terjadi tanpa perubahan insidentil frekuensi, juga tidak dapat modulasi frekuensi terjadi tanpa perubahan yang terkait dalam tahap. Istilah tersebut fm longgar digunakan ketika mengacu pada semua jenis modulasi sudut, dan modulasi fase kadang-kadang salah disebut sebagai "fm tidak langsung." Ini adalah definisi yang harus Anda mengabaikan untuk menghindari kebingungan. Tahap modulasi hanya apa kata-kata menyiratkan - modulasi fasa pembawa dengan sinyal modulasi af. Anda akan mengembangkan pemahaman yang lebih baik dari titik-titik ini ketika Anda maju dalam studi Anda

DAFTAR PUSTAKA

google.com, Phase Modulation
http://www.tpub.com/neets/book12/49e.htm

1 komentar:

  1. mana gambarnya yak?????
    perhatikan gambar tapi gambarnya ga ada 0_0

    BalasHapus