Wellcome to my_blog


^_^ IRFAN NUR AKBAR & MARTIANA RAHADHI PUTRI ^_^

Minggu, 28 Oktober 2012

TUGAS ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER #

Makalah Organisasi & Jaringan Komputer



Disusun oleh

Nama                            : Irfan Nur Akbar
Kelas / NPM                 : 4 IB 01 / 14409408
Judul                             : Perbedaan Arsitektur Komputer Dengan
                               Organisasi Komputer


UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
2012




BAB I
LATAR BELAKANG MASALAH

Pada Mata kuliah Organisasi Araitektur dan Jaringan Komputer di dalam perkuliahan Universitas Gunadarma, mahasiswa di tuntut untuk menyelesaikan segala tugas yang telah diberikan guna mencapai target nilai optimal kelulusan pada mata kuliah ini. Dimana tiap-tiap mahasiswa diwajibkan untuk membuat suatu makalah yang telah ditentukan dan kemudian mempostingnya ke dalam blog. Adapun judul dari makalah tersebut adalah “Perbedaan Asitektur Komputer Dengan Organisasi Komputer”.
Fungsi komputer berdasarkan perkembangan teknologi di dunia ini sudah lagi tidak digunakan sebagai alat hitung saja, melainkan computer di fungsikan sebagai media informasi dan lain sebagainya. Komputer memiliki peranan penting dalam penyampaian informasi. Namun komputer sendiri tidak akan bisa berfungsi sesuai fungsinya melainkan bila komputer tersebut tidak terorganisasi dan memiliki arsitektur yang meamadai.
Berbicara masalah organisasi dan aristektur pada suatu komputer ini akan melibatkan pada suatu komponen-komponen computer baik itu secara hardware maupun software. Harus terlebih dahulu memahami apa itu organisasi yang terdapat pada suatu computer dan arsitekturnya. Orgsanisasi adalah suatu kumpulan dari elemen yang membentuk suatu fungsi pada masing-masing elemen tersebut. Aristektur ialah bagian yang memeberi suatu seni, dimana bagian ini mendesain sedemikian mungkin komputer yang di fokuskan terhadap software.
Perbedaan yang terlihat antara arsitektur dari suatu komputer dengan organisasi komputer terdapat pada permasalahan hardware dan software. Jika arsitektur terletak pada bagian software kompeter dan organisasi terletak pada bagian hardware komputer.



BAB II
PEMBAHASAN
PERBEDAAN ORGANISASI KOMPUTER DENGAN ARSITEKTUR KOMPUTER

2.1.    Organisasi Komputer
Dari asal katanya “to compute” komputer berarti alat penghitung. Ternyata sekarang komputer tak hanya berguna sebagai alat hitung saja tetapi sudah meluas fungsinya.
Organisasi komputer adalah suatu kumpulan dari elemen yang membentuk suatu fungsi pada masing-masing elemen tersebut, dan mewujudkan fungsi dari aritektur.

Cara kerja sebuah komputer dapat dideskripsikan secara sederhana dengan diagram blok sebagai berikut :            

 
Secara umum masing-masing bagian dapat kita rinci sebagai berikut :

1.1.1.     Input Device
Input device adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
Contoh :
• keyboard
• mouse
• scanner

2.1.2.     Output Device
Output device adalah peralatan yang kita gunakan untuk melihat hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer.
Contoh :
         monitor
         printer
         plotter
         speaker
         interface lainnya


2.1.3.     I/O Ports
I/O adalah Input/Output. Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan-peralatan input dan output seperti yang tercantum di atas terhubung melalui port ini.

2.1.4.     Central Processing Unit
Central Processing Unit (CPU) merupakan otak sistem komputer. CPU memilikidua bagian fungsi operasional yaitu Arithmetical Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah data serta bagian Control Unit (CU) digunakan untuk mengontrol kerja komputer. Biasa disebut dengan nama processor saja.

2.1.5.     Memory
Bagian ini terdiri dari internal memory yaitu berupa RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) serta eksternal memory yaitu berbagai macam disk seperti hard disk, floppy disk dan optical disc.
 
2.1.6.     Data Bus
Data bus adalah jalur-jalur perpindahan data antarmodul dalam sistem komputer. Biasanya terdiri dari 8, 16 , 32 atau 64 jalur data yang paralel. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port.
 
2.1.7.     Address Bus
Address Bus digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur paralel. Lebar Address Bus menentukan kapasitas memory maksimum sistem. Sebagai contoh bila CPU mempunyai Address Bus 20 bit maka CPU dapat mengalamatkan 220 atau 1048576 alamat (1 MB).

2.1.8.     Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal pada control bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O port.

2.2.   Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja,.
 
Abstraksi dari sebuah arsitektur komputer dan hubungannya dengan bagian perangkat keras, firmware, assembler, kernel, sistem operasi, dan perangkat lunak aplikasinya



BAB III
KESIMPULAN

Dari apa yang telah dibahas diatas adalah organisasi adalah komponen-komponen yang membentuk suatu komputer dan arsitekturnya yang menjalankan suatu organisasi yang telah terbentuk tadi. Disini jelas sekali terlihat keterkaitan antara organisasi dan arsitektur pada komputer. Kedua aspek ini saling berkesinambungan untuk integrasi komputer sesuai fungsinya. Namun terlihat pula beda dari ke dua aspek tersebut, yakni organisasi dengan arsitektur. Dimana perbedaan terletak dari segi fungsi. Arsitektur terletak pada software suatu komputer sedangkan organisasi terletak pada hardware–nya.



DAFTAR PUSTAKA

1.     Yusriansah “Organisasi Komputer” Selasa, 12 Januari 2010
http ://localhost/D:/Orsis%20Komp/organisasi-komputer.html
2.     Wikipedia “Arsitektur Komputer”
http ://localhost/D:/Orsis%20Komp/Arsitektur_komputer.htm
3.     Ghufron “Pengenalan Komputer” 26 Oktober 2012.